Skip to main content
Petugas sedang memeriksa salah satu BUS di terminal Simpang Nangka Petugas sedang memeriksa salah satu BUS di terminal Simpang Nangka

Semua Bus Masuk Terminal Simpang Nangka Diperiksa Petugas

REJANG LEBING, tobokito.co. - Seluruh bus yang masuk ke Terminal Tipe A Simpang Nangka, Kabupaten Rejang Lebong diperiksa petugas perhubungan dan kepolisian pada Jumat (6/12/19).

Petugas melakukan pemeriksaan Ramp Chek atau pemeriksaan seluruh bus yang masuk. Terutama kendaraan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang memasuki terminal.

"Seluruh bus dilakukan pemeriksaan legalitas dan fisik kendaraan," terang Korsatpel Terminal Tipe A Simpang Nangka, Edi Anzhari.

Tujuan pemeriksaan ini untuk menjamin keselamatan pada penumpang dan pengendara bus menjelang perayaan Natal 2019 dan tahun baru 2020.

Adapun yang diperiksa yaknj surat-surat kendaraan meliputi izin trayek, SIM/STNK dan pajak. Sedangkan fisik kendaraan diantaranya berupa ban, ban cadangan, lampu, pemukul kaca hingga rem. Kendaraan yang layak jalan ditempeli stiker sebagai tanda telah diperiksa.

Hingga lima hari pemeriksaan berlangsung, belum ditemukan adanya pelanggaran yang dilakukan oleh PO. Bus, semua kendaraan layak jalan. Hanya bagian kecil seperti kondisi ban yang sudah aus untuk segera diganti.

Sedangkan untuk kegiatan tes urine bagi pengemudi, Edi mengaku belum mendapatkan konfirmasi, karena biasanya dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong.

"Belum terlihat adanya lonjakan penumpang, diperkirakan akan dimulai pada 23 Desember 2019, sedangkan arus balik akan dimulai pada 2 Januari 2020. Peningkatan penumpang dan bus terutama jurusan ke Medan, sedangkan jurusan arah Pulau Jawa diperkirakan tidak mengalami lonjakan tinggi," tandasnya. (drs)

Facebook comments

Adsense Page