Skip to main content
. .

Peringati Hari Lahir Pancasila, Dandim 1201/Mph: Nilai-nilai Pancasila Harus Tertanam dalam Hati

Landak - Dandim 1201/Mph, Letkol Inf. Dwi Agung Prihanto bersama Bupati dan Forkopimda Kabupaten Landak mengikuti upacara virtual peringatan Hari Lahir Pancasila di aula Kantor Bupati Landak, Selasa (1/6/2021). Upacara virtual dari Istana Kepresidenan, Bogor tersebut dipimpin Presiden Joko Widodo.

Ditemui usai upacara, Letkol Inf. Dwi Agung Prihanto mengatakan, Pancasila sebagai dasar negara, idiologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa.

“Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan, nilai-nilai pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus, pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari," kata Dandim.

Dalam konteks itulah, ia menambahkan, sesuai pesan Presiden Jokowi bahwa memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan. Karena, lewat peringatan ini, setiap anak bangsa berusaha mengenang dan merefleksikan momentum para pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara.

"Melalui peringatan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2021, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," tambah Dandim.

Letkol Inf. Dwi Agung Prihanto menjelaskan peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2021 dilaksanakan secara virtual dan tetap memperhatikan protokol kesehatan karena saat ini pandemi Covid-19 masih melanda.

"Kami berharap masyarakat tetap perlu meningkatkan kewaspadaan dan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat sehingga kluster baru Covid-19 dapat dihindari dan dikurangi," tutup Dandim.(Mph1201)

Tags

Facebook comments

Related News

Adsense Page