Skip to main content
Tim verifikasi kementerian kesehatan melakukan penilaian kota sehat 2017 di Kota Bengkulu Tim verifikasi kementerian kesehatan melakukan penilaian kota sehat 2017 di Kota Bengkulu

Penilaian Verifikasi Kota Sehat 2017, Bengkulu Menuju Swasti Saba Wistara

Kota Bengkulu - Tim verifikasi kementerian kesehatan melakukan penilaian kota sehat 2017 di Kota Bengkulu. Tim penilaian sudah melakukan penilaian selama 2 hari (Rabu dan kamis)  dan mengunjungi sejumlah tempat yang masuk standar kesehatan. 

Standar kota sehat 2017 akan mengacu pada tujuh tatanan Swasti Saba Wistara. Tatanan itu adalah, sosialisasi kawasan tanpa rokok, kampanye bahaya penyakit HIV AIDS, kegiatan stop buang air besar sembarangan, Gerakan penanganan demam berdarah, gerakan masyarakat hidup sehat (Germas), gerakan jalan bersama lansia dan gotong royong menuju lingkungan bersih. 

Kedatangan tim verifikasi kota sehat hari pertama, Rabu (06/09/2017) berkunjung ke Masjid Jamik dan SDIT Iqra 1. Disana tim melihat kondisi kantin sehat, UKS sekolah. Kemudian dilanjutkan ke rumah kompos dan surya bakery di jalan Kinibalu, Kota Bengkulu. 

Selanjutnya, tim bergerak melihat safety tank yang dibangun dengan swadaya masyarakat di Kelurahan Kebun Keling. Kemudian berlanjut melihat kelompok tani perintis 2 di Kelurahan Pematang Gubernur di Kecamatan Muara Bangkahulu. 

Untuk hari kedua, Kamis (07/09/2017) tim verifikasi kota sehat mengunjungi objek wisata Pantai Panjang, panti asuhan di Padang Harapan, Puskesmas Sukamerindu, Gang setia Kelurahan Sumber Jaya. 

Kemudian lanjut mengunjungi industri jeruk kalamansi di Kelurahan Kandang, Terminal Sungai Hitam dan panti asuhan di Kelurahan Padang Harapan. 

"Banyak pertimbangan dalam verifikasi  ini, peran tim pembina provinsi sangat penting agar bisa melakukan pendekatan ke kabupaten/kota. Kota Bengkulu bisa memberikan contoh ke kabupaten lainnya," kata Tim Verifikasi Kota Sehat, Tri Sapta Ningsih.

Sebelumnya, ketika menyambut kedatangan tim verifikasi kota sehat, Wakil Walikota Bengkulu Patriana Sosialinda telah memaparkan kerja Pemkot Bengkulu untuk mewujudkan kota sehat, seperti pembangunan fisik dan non fisik .

"Kerja keras dan kerjasama pemerintah kota dan Forum Kota Sehat (FKS) semoga dapat membawa pulang penghargaan piala Swasti Saba Wistara," ucap Wawali. 

Atas kerja keras itu, Kota Bengkulu patut berbangga sebab menjadi satu-satunya kota/kabupaten di Provinsi Bengkulu yang lolos verifikasi penyelenggaraan kabupaten/kota sehat (KKS) tahun 2017. 

Setelah penilaian selama dua hari, Pemkot Bengkulu tinggal menunggu hasil penilaian dari kementerian kesehatan RI yang bakal diumumkan dalam beberapa waktu ke depan.

Facebook comments

Related News

Adsense Page