Skip to main content
Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah rapat bersama kepala OPD Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah rapat bersama kepala OPD

Cegah Penyebaran Korona, Gubernur Bengkulu Minta Optimalkan Deteksi Dini

BENGKULU, tobokito.com - Terkait penyebaran virus korona (covid-19) yang sudah mulai mewabah di pulau Jawa, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menanggapi serius dan mengantisipasi penyebaran pandemi covid-19 ini masuk ke Bengkulu, Minggu (15/03/20).

Minggu pagi setibanya di Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu, Gubernur Rohidin langsung gelar rapat dengan beberapa OPD Pemprov Bengkulu bahas antisipasi covid-19 di provinsi Bengkulu.

"Kita sangat berharap kejadian Ini jangan sampai masuk ke pulau Sumatera khususnya Provinsi Bengkulu," kata Rohidin saat pimpin rapat terbatas bersama staf.

Gubernur Rohidin menjelaskan, pentingnya antisipasi pencemaran wabah virus korona yang pada saat ini sedang terjadi di berbagai negara termasuk Indonesia.

Kendati Bengkulu tidak masuk sebagai wilayah penyebaran, Gubernur Rohidin berharap semua elemen ikut 'memerangi' pademi tersebut dengan berbagai cara.

"Saat ini Bengkulu belum ditemui kasus korona, namun kita tidak usah panik dan harus tetap waspada. Jaga stamina dan daya tahan tubuh kita masing - masing dengan cara pola hidup sehat," jelasnya.

Ada beberapa langkah konkrit dan upaya pemerintah provinsi Bengkulu yang diambil ke depan, diantaranya dengan mengurangi kegiatan yang berbentuk pertemuan skala besar, memberikan edukasi tentang pola hidup sehat dan bersih kepada masyarakat dan lingkungan sekitar.

Selain itu menyediakan tempat dan alat cuci tangan di berbagai tempat keramaian seperti Mall, kantor-kantor, rumah makan, hotel termasuk sekolah.

'Saya minta kepada seluruh lapisan masyarakat, apabila ada serupa dengan penyakit korona segera melapor kepada pihak pelayanan kesehatan terdekat, atau aparat pemerintah setempat agar segera dijemput dan dilakukan pemeriksaan secara intensif," jelas Rohidin.

Tidak hanya itu, Gubernur Rohidin juga meminta kepada pengelola pusat - pusat keramaian untuk melakukan upaca deteksi dini terhadap suhu badan agar memastikan sejak awal jika ada hal - hal yang mencurigakan seperti gejala korona dapat langsung di tangani dengan cepat. 

"Saya minta seluruh pengelola pusat keramaian juga ikut berperan salam pencegahan wabah korona di provinsi Bengkulu dengan melakukan pengecekan dan deteksi dini kepada seluruh pengunjung atau tamu yang ada," pungkas Rohidin.(red)

Facebook comments

Adsense Page